Visi dan Misi

Berdasarkan kondisi ekonomi masyarakat Pulau Madura, sebuah Kajian Ekonomi Regional (KER) selama tahun 2013-2015 yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa Madura merupakan daerah termiskin di regional Jawa Timur dengan rata-rata tingkat kemiskinan 21.86%. Rendahnya kondisi ekonomi yang sedemikian rupa secara tidak langsung berdampak pada kondisi Sumber Daya Manusia Pulau Madura. Berdasarkan data Angka Partisipasi Sekolah (APS) dari Badan Pusat Statistik Jawa Timur, APS Sekolah Menengah Atas relatif rendah sebesar 69.8%. Secara tidak langsung, partisipasi pendidikan jenjang SMA ke atas masih relatif rendah.

Dengan adanya ketimpangan yang terjadi dalam bidang pendidikan dan ekonomi, Saghara Elmo terbentuk dari inisiatif para pemuda Madura yang melihat belum meratanya pemenuhan hak anak terhadap akses dan kualitas pendidikan di Madura. Selain itu, Saghara Elmo menjadi salah satu energi perbaikan untuk seluruh elemen masyarakat dalam menciptakan tunas-tunas baru yang berkualitas di Madura.

Saghara Elmo merupakan organisasi pemberdayaan masyarakat yang memiliki fokus pada isu-isu pendidikan dan sosial di masyarakat. Saghara Elmo melakukan pendampingan peningkatan Pendidikan dan kesadaran sosial di Pulau Madura meliputi 4 (empat) kabupaten yaitu Sumenep, Pamekasan, Sampang, dan Bangkalan. Lokasi pemberdayaan masyarakat yang telah kami lakukan meliputi Kabupaten Sumenep dan Pamekasan. Saghara Elmo berkeinginan untuk membantu peningkatan akses dan kualitas Pendidikan di Madura dengan mengintegrasikan elemen sosial dan ekonomi yang dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat Madura utamanya generasi muda Madura.

Nama Saghara Elmo berasal dari Bahasa Madura dan terdiri atas unsur alam dan kebutuhan dasar serta hak manusia. Saghara memiliki arti Lautan, sedangkan Elmo bermakna Ilmu. Penggabungan dua kata ini tentu memberikan bayangan betapa luasnya ilmu yang harus diperlajari manusia. Nama Saghara Elmo dapat dimaknai sebagai lautan ilmu yang penuh dengan kesempatan untuk berkarya, berinovasi, berbagi, dan bermanfaat bagi sesama.

Untuk mencapai visi dan misi kami, Saghara Elmo memiliki tiga program andalan yaitu; Langghar Elmo, Ghai’ Bintang, dan Pajjhar Lagghu. Dengan mengusung tiga program ini, Saghara Elmo bermimpi untuk memberikan kesempatan lebih luas lagi bagi generasi muda Madura untuk menyelami lautan ilmu dan meraih cita-cita yang tersebar di dalamnya. 

Visi Saghara Elmo

Meningkatkan kualitas dan akses Pendidikan Pulau Madura melalui kesadaran sosial pemuda dan komunitas lokal dengan tindakan inisiatif, integratif dan kolaboratif

Misi Saghara Elmo

Menciptakan kegiatan non-formal Pendidikan yang bertujuan untuk memperluas cakrawala pengetahuan, kreatifitas, dan inovasi.

Meningkatkan gerakan literasi dengan mendukung fasilitas dan budaya literasi di lingkungan masyarakat dan institusi pendidikan

Mengadvokasi pemuda Madura dengan membekali hardskill dan softskill untuk mengembangkan potensi diri dan komunitas masyarakat serta berkolaborasi dengan berbagai stakeholder.

Nilai yang diusung oleh komunitas Saghara Elmo:
Kolaboratif, Inisiatif, Empati


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *