Sabtu, 07 Desember 2019

Lahirnya Pemimpin Muda

Lahirnya Pemimpin Muda

Seorang pemimpin tidak akan lahir dengan sendirinya. Dengan selalu memberikan bimbingan kepada murid, jiwa kepemimpinan dapat dibentuk dari waktu ke waktu. Untuk mewujudkan cita-cita mendidik seorang pemimpinin yang kompeten, amanah, dan mendengarkan masyarakat, Saghara Elmo berkesempatan untuk berkolaborasi lagi. Setelah melalui kerjasama perpustakaan SukaAkasara di SMP Maarif 5 Pamekasan, Saghara Elmo diminta untuk mengelola acara tahunan sekolah yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). LDK ini bertajuk “Berpikir Luas, Melawan Batas” dengan diikuti 45 peserta kelas 7, 8 dan 9 serta 15 orang guru pada 30 November 2019.

Latihan Dasar Kepemimpinan bukanlah kegiatan yang asing. Namun, yang membuat LDK ini berbeda adalah bagaimana kami mengonsep character building siswa dengan nilai-nilai spiritual, nasionalisme, intelegensi, bahasa, kepemimpinan dan kerjasama. Selama acara LDK berlangsung, ada banyak hal yang kami temui di lapangan. Misalnya, ternyata masih banyak siswa yang merasa malu untuk berbagi pengalamannya. Selain itu, ada karakteristik siswa SMP Maarif 5 Pamekasan yang juga bisa diidentifikasi. Misalnya, siswa cenderung semangat bila pembelajaran dilakukan di luar kelas. Hal ini bisa menjadi salah satu perhatian guru agar fokus mengaplikasikan metode pembelajaran di ruang terbuka.

Pelaksanaan LDK ini berjalan mulus. Materi yang kami sampaikan seputar Johari Window Theory dan Argumentative Skills diharapkan mampu membentuk pribadi calon-calon pemimpin yang baik secara akal, tindakan, ataupun ucapan. Kira-kira, apakah sekolahmu ingin mengundang kami untuk acara LDK yang serupa? Keep in touch ya di saghara.elmo@gmail.com!

Penulis: Imamatul Khair

Tidak ada komentar:
Write komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *