Rabu, 23 Oktober 2019

Berswadaya Literasi Sekolah

Berswadaya Literasi Sekolah

Sagharaelmo.com, Pamekasan - Acara pembukaan perpustakaan sekolah yang merupakan output dari Proyek Suka Aksara berlangsung meriah pada Sabtu (05/10/2019). Guru dan murid berpartisipasi mengikuti serangkaian acara peresmian. Penyerahan simbolis pada peresmian tersebut menyiratkan hubungan kooperatif pihak sekolah dengan Komunitas Saghara Elmo. Ini juga menyiratkan peningkatan pendidikan secara swadaya, meski harusnya pemerintah lebih sigap memberikan dukungan dan usaha menuju Madura suka aksara.

Pada peresmian tersebut, Komunitas Saghara Elmo memberikan pembekalan seputar indikator pengelolaan perpustakaan sekolah yang baik. Selain itu, kegiatan untuk menstimulus siswa dan guru dalam menggunakan perpustakaan juga diberikan.

Proyek Suka Aksara ini telah dilakukan sejak November 2018. Pada proyek ini, Komunitas Saghara Elmo memberikan pendampingan dan pelatihan kepada guru dan Kepala Sekolah SMP Ma’arif 5 Pamekasan tentang pembentukan sistem perpustakaan sekolah. Pendampingan dilakukan secara berkala dengan mengajarkan pihak guru perumusan item perpustakaan yang perlu dibenahi. Ada beberapa kegiatan yang diajarkan, misalnya klasifikasi buku, buku induk, penataan tempat yang strategis, pengaturan alur peminjaman dan pengembalian dan masih banyak lagi.

Sepanjang menekuni proses pembentukan perpustakaan ini, baik sekolah dan Komunitas Saghara Elmo semakin tahu kondisi literasi sekolah. Hal ini pula yang menjadikan keduanya berkomitmen untuk mengelola perpustakaan yang dirintis ini sebagai payung literasi warga sekolah.

“Saya sangat berterima kasih kepada Komunitas Saghara Elmo. Ke depan nanti, semoga fungsi perpustakaan ini lebih baik seperti yang kita harapkan,” papar Kepala Sekolah SMP Maarif 5 Pamekasan.

Peresmian perpustakaan SMP Maarif 5 Pamekasan bukan akhir dari proyek Suka Aksara. Pihak sekolah masih akan terus melalui proses monitoring dan evaluasi selama 5 bulan ke depan. Harapannya, proyek Suka Aksara ini tidak berhenti di satu sekolah, tapi bisa dibumikan lagi di sekolah-sekolah lainnya dengan kendala yang serupa.

Penulis: Imamatul Khair

dokumentasi kegiatan :


SMP Maarif 5 Pamekasan Memberikan Cinderamta Ke Saghara Elmo

Saghara Elmo memberikan bantuan EduGames ke SMP Maarif 5 Pamekasan

Pembekalan seputar indikator pengelolaan perpustakaan sekolah oleh Tim Saghara Elmo.

Para peserta mendengarkan sambuatan dan beberapa materi yang disampaikan oleh pihak SMP Maarif 5 Pamekasan dan Tim Saghara Elmo.


Tidak ada komentar:
Write komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *