Kamis, 27 Juni 2019

Kerja Bareng Buat Pendidikan


Halo Squad!
Kabar gembira kali ini datang dari Kegiatan Trip Teaching Gili Genting! Alhamdulillah, pada tanggal 15 Juni 2019 kegiatan ini kembali dilaksanakan. Pada kesempatan tersebut, kami berkolaborasi dengan #KirimBudi - sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Najeela Shihab untuk mendistribusikan flash disk berisi video berbagai profesi dan mata pelajaran ke daerah-daerah yang minim akses internet. Kegiatan Trip Teaching kali ini dilaksanakan di beberapa sekolah dasar yang ada di gili genting, yaitu SDN Bringsang 1, SDN Aenganyar, dan SDN Gedugan.



Selain mendistribusikan flash disk kami juga melaksanakan kegiatan FUN ENGLISH loh, Squad! Kami mengenalkan berbagai profesi dalam kosa kata berbahasa inggris. Kami juga mengajak siswa untuk membuat kalimat sederhana dalam bahasa inggris. Kegiatan ini membuat siswa lebih bersemangat untuk belajar bahasa inggris loh, karena berkaitan dengan profesi yang mereka inginkan nantinya

Kemudian, kami melanjutkan kegiatan dengan mengenalkan flash disk #KirimBudi yang akan diserahkan kepada pihak Sekolah. Kami juga mengajak siswa untuk  menonton bersama beberapa video yang ada dalam flash disk #KirimBudi, seperti video profesi animator, dokter gigi dan beberapa video pembelajaran. Siswa terlihat sangat antusias saat diajak menonton bersama.

Kegiatan kami tutup dengan melukis pohon mimpi. Kami mengajak siswa untuk melakukan cap tangan pada cabang batang pohon yang telah kami sediakan. Sembari melakukan cap tangan, siswa juga dibantu menuliskan nama dan cita-cita mereka di cap tangannya masing-masing. Cita-cita siswa cukup beragam, mulai dari dokter, polisi, guru, hingga arsitek. Semoga cita-cita mereka tercapai ya, Squad!


Eitss.., tapi tunggu dulu! Kegiatan kami tidak hanya selesai sampai di situ saja. Karena nama kegiatan ini adalah Trip Teaching, tentu saja “Trip”-nya tidak boleh dilewatkan. Akhirnya, kami mengunjungi Pantai Sembilan yang berada tidak jauh dari lokasi salah satu sekolah yang kami tempati untuk melepas penat dan menyegarkan pikiran. Pantai ini merupakan salah satu destinasi favorit di Kabupaten Sumenep loh, Squad!


Setelah merasa puas menikmati keindahan pantai dan mengambil beberapa foto, kami memutuskan kembali ke sekolah untuk bersiap pulang. Namun sebelum pulang, kami menyempatkan foto bersama dengan Pak Riyadi. Beliau adalah guru yang menyambut dan membantu kami selama di Gili Genting.  Terima kasih, Pak!


Meskipun perjalanan untuk ke Gili Genting cukup panjang dan harus menghadapi gelombang laut yang tidak bersahabat, namun sambutan hangat guru-guru, antusiasme siswa dalam belajar, dan pemandangan kepulauan yang menyenangkan menjadi penawar bahkan pemanis dalam kegiatan ini.  Rasanya kurang waktu sehari di Gili Genting. Semoga kami dapat kembali mengunjungi pulau ini di kesempatan yang berbeda dan tentunya dengan kegiatan yang lebih menyenangkan dan bermanfaat. Nantikan cerita menarik lainnya dari kami yaa, Squad!

Penulis : Husnul Muasyaroh


Tidak ada komentar:
Write komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *